Artikel

27/05/2021 108 Siswa kelas XI SMKPPN Sembawa melaksanakan seminar PKL secara online

SMK Pertanian dan Pembangunan (SMK PP) Negeri Sembawa Kabupaten Banyuasin menyelenggarakan Seminar Hasil Praktik Kerja Lapangan (PKL) Kelas XI pada tanggal 27-29 April 2021 secara online melalui zoom meeting.

Seluruh siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH), Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP), Agribisnis Ternak Unggas (ATU), dan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) dibagi menjadi 18 kelompok untuk melaporkan kegiatan PKL yang telah mereka lakukan sejak akhir Januari hingga 2 April 2021.

Sebanyak 118 siswa kelas XI yang terbagi menjadi 18 kelompok tersebut secara bergantian menyajikan hasil PKL dan membahasnya. PKL merupakan kegiatan pembelajaran yang wajib diikuti seluruh siswa SMK-PPN Sembawa khususnya kelas XI. Pada tahun pembelajaran 2020/2021, kegiatan ini diselenggarakan pada semester ke-4 oleh siswa kelas XI. Berikut ini paparan dari Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMK-PPN Sembawa.
“Pada tahun pembelajaran 2020/2021 ini, kami menyelenggarakan PKL untuk seluruh siswa kelas XI di semester 4. Seperti tahun sebelumnya, ini adalah tahun ketiga kami menyelenggarakan seminar di semester 4 agar pada semester 5, di kelas XII, mereka lebih bisa fokus menghadapi Ujian Sekolah dan konsentrasi mereka tidak terbagi lagi oleh kegiatan PKL.” ujar Dr. Ir. Zulkipli.
Kegiatan seminar PKL terpantau lancar. Seluruh siswa yang terlibat sebagai penyaji, pembahas, dari 18 kelompok tersebut secara bergantian menjadi penyaji dan pembahas pada termin yang berbeda-beda dan didampingi oleh guru pembimbing.
Harapan dengan dilaksanakan ujian PKL siswa dapat meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan berkomunikasi dalam forum diskusi dengan materi diskusi tentang kegiatan selama PKL. 
Materi yang disajikan dalam seminar disetiap kelompoknya merupakan materi yang mereka dapatkan ketika melakukan PKL.
Seperti mengenai padi, sayuran, kelapa sawit, karet, pengolahan kelapa sawit, pengolahan karet, pengolahan tahu, pengolahan tahu, penelitian bahan pengawet dari produk mie, ayam pedaging serta ayam petelur.

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?