Artikel

08/04/2019 184 SiswaSMK-PP Negeri Sembawa teruji kompeten dalam Sertifikasi Profesi

Sekolah SMK-PP Negeri Sembawa memiliki 4 Program Studi, yaitu ATPH (Agribisnis Tanaman Pangan Hortikultura), APHP (Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian), ATP (Agribisnis Tanaman Perkebunan), dan ATU (Agribisnis Ternak Unggas). Pada tanggal 8 April-12 April 2019, siswa-siswi tingkat III melaksanakan kegiatan bimtek dan uji sertifikasi kualifikasi kompetisi. Jumlah siswa-siswi yang akan mengadakan kegiatan itu adalah sebanyak 184 Siswa. Untuk penanggung jawab dalam kegiatan ini adalah Kepala SMK-PP Negeri Sembawa yaitu Ir, Mattobi’i, MP., sedangkan untuk ketua kegiatan ini adalah Yoniar Effendi, S.P., M.P.

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan salah satu standar kelulusan siswa-siswi di Sekolah Menengah Kejuruan. Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu bimtek dan uji sertifikasi kualifikasi kompetisi. Kegiatan bimtek untuk kelas ATPH dan APHP dilaksanakan pada hari Senin, 8April 2019, sedangkan untuk kelas ATP dan ATU dilakasanakn pada hari Kamis, 11 April 2019. Tujuan dari bimtek ini adalah untuk memberikan bimbingan teknis tentang uji kompetisi kepada siswa-siswi yang akan dilaksanakan pada hari berikutnya. Untuk kegiatan bimtek ini ada 4 pemateri, yaitu untuk kelas ATPH pematerinya dari Balitbang Sumatra Selatan, APHP dari Balai Riset dan Standarisasi Industri, ATP dari Balit Karet Sembawa dan Dinas Perkebunan Musi Rawas, sedangkan untuk pemateri program Studi ATU adalah Medion. Kegiatan bimtek ini dilakukan di Aula, dimana setiap pemateri memberikan pendalaman materi dan menyampaikan tentang praktik yang akan diujikan oleh masing-masing siswa-siswi, praktik yang akan dilakukan adalah operator pupuk organik untuk program studi ATPH, pengolahan selai buah dan pengolahan susu kedelai untuk program studi APHP, untuk ATP uji kompetisinya berupa Mandor Penanaman dan Mandor pemeliharaan, sedangkan uji kompetisi untuk program studi ATU adalah Operator Pemeliharaan Ternak dan Vaksinator.

Setelah siswa melakukan bimtek, kemudian siswa melaksanakan uji sertifikasi kualifikasi kompetisi yang dilaksanakan pada hari Selasa, 9 April 2019 untuk kelas ATPH dan APHP, untuk kelas ATP dan ATU dilaksanakan pada hari Kamis, 11 April 2019. Untuk kegiatan uji kompetisi ini bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetisi siswa-siswi yang sesuai dengan keahlian yang pernah ditempuh selama masa pembelajaran di SMK dan untuk menetapkan keberhasilan siswa-siswi dalam menguasai satu unit kompetisi dengan mengacu pada standar kompetisi nasional. Ujian kualifikasi kompetisi ini terdiri dari ujian lisan, ujian tulis, dan ujian observasi. Untuk ujian lisan dan tulis dilaksanakan diruang kelas, ada juga yang melaksankan ujian lisan dan tulis di Aula SMK PP-Negeri Sembawa.

Pada pelaksanaan uji kompetisi, masing-masing siswa di uji oleh para asesor yang berasal dari berbagai macam instansi, seperti Polbangtan Bogor, Polbangtan Bogor, BPP Lampung, BPP Jambi, dan lain-lain. Setelah pelaksanaan bimtek dan uji kompetisi dilaksanakan dengan lancar, kemudian setiap asesor sebagai penguji pada setiap program studi, melakukan pengumuman uji kompetisi kepada masing-masing siswa di ruangan kelas. Untuk hasil akhir dari kegiatan ini, bahwa 184 siswa/i yang sudah melaksankan bimtek dan uji kompetisi dinyatakan berkompetisi pada masing-masing bidang yang telah ditetapkan. 

 

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?