Artikel

21/11/2021 Ikut Pameran Produk SMK Sumatera Selatan, Kementan Tampilkan Produk Unggulan SMKPP N Sembawa

PALEMBANG - Sejumlah produk unggulan SMKPP N Sembawa, ditampilkan Kementerian Pertanian dalam pameran produk inovasi SMK se Sumatera Selatan di Halaman Kantor DPRD Provinsi Sumatera Selatan 17-18 November 2021. 

Hal ini menjadi bagian dari upaya Kementan untuk promosi produk pertanian dan pentingnya ketahanan pangan yang dipromosikan melalui produk SMK PP Negeri Sembawa yang merupakan di bawah naungan Badan Penyuluhan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, menyampaikan saat ini pertanian menjadi sektor penopang perekonomian nasional.

"Sehingga terobosan-terobosan dengan menggabungkan pertanian dengan sektor lain menjadi sesuatu luar biasa menarik," katanya. 

Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi, mendorong SDM pertanian untuk terus berinovasi dalam pertanian untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

Di lokasi pameran Gubernur Sumsel H Herman Deru meminta agar setiap SMK di Sumsel dapat melahirkan suatu produk unggulan yang dapat bermanfaat dan dapat diproduksi secara massal.

"Buatlah satu produk unggulan atau prioritas. Produk prioritas itu tidak usah banyak. Karena jika kita memprioritaskan banyak produk maka sama dengan tidak ada produk yang prioritas," tegasnya.

Tidak hanya itu, lebih jauh dikatakannya, Inovasi dibuat tersebut diupayakan memiliki manfaat jangka panjang.

"Inovasi yang dibuat, hasilnya harus dapat dimanfaatkan dan di produksi secara masaal, bukan hanya untuk dipamerkan. Pemprov Sumsel tentu mendukung inovasi yang telah dibuat ini," terangnya.

Sedangkan Kepala SMK PP Negeri Sembawa, Mattobi’i, menuturkan bahwa produk unggulan yang ikut serta dalam pameran kali ini adalah UMMB indogofera, hasil teaching factory telur ayam, Telur puyuh, pupuk cair organik, telur asin herbal, rambutan, jambu Kristal, pepaya, labu madu, bibit buah-buahan, tepung mocaf, kukis mocaf, jahe Instan, kunyit instan, minyak serai wangi, sabun serai wangi, hampers serai wangi dan lilin aromaterapi.

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?