Artikel

22/11/2021 Manfaatkan Pisang Menjadi Olahan Banana Cake Sajian Yang Melezatkan.

Generasi milenial saat ini dikenal dengan generasi yang melek akan teknologi. Seiring perkembangan zaman yang semakin canggih tentunya saat ini generasi milenial ditantang untuk semakin kreatif dan mampu melahirkan inovasi-inovasi yang bermanfaat sehingga mampu membawa kemajuan bagi lingkungan sekitarnya serta memiliki daya saing yang kuat di tengah persaingan industri di masa depan. SMK PP Negeri sembawa, dibawah naungan kementerian pertanian terus mencoba memberikan wawasan kepada para milenial untuk menarik minat dalam memanfaatkan peluang melalui kegiatan pengolahan.

Buah pisang dapat digunakan sebagai alternatif bahan pangan pokok karena kandungan karbohidratnya yang tinggi. Produksi pisang yang tinggi masih belum diikuti dengan kemampuan untuk melakukan pengolahan menyebabkan adanya produk yang mengalami kerusakan dan terbuang karena sudah tidak layak jual. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengembangan produk dengan bahan dasar pisang sehingga memiliki kegunaan dan umur simpan yang lebih panjang.

Sesuai arahan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo, selama ini tidak hanya menekankan pada upaya peningkatan produksi pangan, melainkan juga pada upaya peningkatan nilai tambah, daya saing, hilirisasi, pemasaran dan ekspor produk pertanian yang diharapkan dapat memberikan efek pengganda (multiplier effect) untuk sektor pembangunan lainnya.

Pandemi Covid-19 menjadi salah satu tantangan besar bagi masyarakat namun pertanian menjadi salah satu sektor yang tidak mengalami turbulensi dan tetap berjaya karena potensi alam yang sangat menjanjikan sehingga dibutuhkan kreatifitas setiap petani milenial untuk melakukan pengelolaan sektor pertanian secara maksimal dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang semakin canggih Jelasnya.

Selaras dengan arahan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPPSDMP) mengungkapkan bahwa Manfaatkan peluang dari hulu hingga hilirnya. Dari tanam hingga meja makan. Kejar produksi dengan teknik dan cara yang modern, kejar distribusinya dengan manfaatkan teknologi online sistem, dan kembangkan usaha olahan pangannya jadi panganan sehat yang bisa dikonsumsi masyarakat terutama di masa covid-19 seperti ini.

Buah pisang merupakan buah yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, yang dapat dikonsumsi kapan saja dan pada segala tingkatan usia. Pisang juga mengandung banyak vitamin, diantaranya yaitu vitamin A, C, dan B6. Kandungan vitamin A tentu sangat baik bagi kesehatan mata. Kemudian kandungan vitamin C dan flavonoid dapat menjadi antioksidan yang mencegah penyakit jantung.

Pisang sebagai buah meja tentunya memerlukan penanganan yang layak, agar memiliki penampilan menarik, rasa enak dan kandungan gizi tidak menurun. Dengan sentuhan teknologi, aneka produk dari buah pisang dapat disajikan dengan cepat dan mudah serta dapat menjadi usaha yang menguntungkan.

Ruhil fida mengatakan bahwa pengolahan pisang menjadi cake pisang ini bertujuan untuk menyelamatkan karaktersitik fisiologis buah pisang yang bersifat mudah rusak, mudah menjadi kecoklatan dan umur simpan juga terbatas, sehingga sangat diperlukan pengolahan lebih lanjut guna meningkatkan nilai dan daya tahannya.

Banana cake sudah dikenal sebagai kue bolu pisang yang sudah lama ada sejak zaman dahulu namun rasanya tetap tidak berubah hingga saat ini, rasa dari banana cake tetap memiliki rasa yang enak, lembut, dan legit.

Proses pengolahannya sangat sederhana serta bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan banana cake ini sangat mudah didapat diantaranya yaitu buah pisang, telur, susu, minyak goreng, jeruk nipis, pasta vanilla, gula pasir, tepung terigu, chocochips.

Cara pembuatanya yaitu campurkan semua bahan kering seperti tepung terigu, gula pasir, baking powder, sedikit garam aduk hingga rata kemudian sisihkan, Panaskan oven dengan suhu 170?C, lumatkan pisang hingga halus dengan menggunakan blender, campur pisang dengan bahan basah seperti telur, susu cair, minyak goreng, vanilla, perasan jeruk hingga rata, aduk sebentar saja jangan terlalu lama. Tuangkan adonan pisang ke dalam bahan kering campur hingga rata dengan spatula. Lalu lapisi Loyang dengan menggunakan kertas roti. Tuang adonan kedalam Loyang yang telah dialasi kertas roti. Masukkan ke dalam oven panggang sebentar lalu angkat untuk ditaburi chocochips dan irisan pisang, kemudian lanjutkan oven adonan hingga matang. Kemudian angkat,”ujarnya

Kue jenis bolu yang lembut dan diberi campuran buah pisang asli di dalam adonannya tentunya sangat cocok sekali untuk para pecinta pisang tapi bosan dengan olahan pisang yang itu-itu saja. Rasanya yang lezat, legit dan lembut sajian popular yang tak hanya disajikan pada sarapan saja namun juga dapat menemani ketika waktu santai dan mengobrol bersama keluarga.

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?