Artikel

24/10/2019 Pelet indigofera pakan unggas kaya protein

Kamis (24/10/2019) Siswa program studi Agribisnis Ternak Unggas (ATU) SMK PP Negeri Sembawa produksi pakan pelet indigofera.

Indigofera merupakan jenis hijauan yang tumbuh subur di wilayah tropis seperti Indonesia, indigofera mempunyai kandungan protein yang tinggi sehingga dapat dijadikan pakan ternak dan mencukupi kebutuhan nutrisi ternak.

Indigofera sebagai pakan hijauan selain sebagai pakan ternak ruminansia dapat dijadikan pakan ternak ruminansia yaitu dengan diolah terlebih dahulu menjadi pelet. Pelet merupakan pakan yang diproduksi dalam bentung batangan kecil atau tabung yang telah kering dan nurtisinya telah diperhitungkan.

Siswa prodi ATU mengolah indigofera dengan memformulasikan ransum terlebih dahulu dimana pelet indigofera yang dibuat sesuai dengan kebutuhan tubuh ternak.

Bahan baku yang digunakan dalam memproduksi pelet indigofera meliputi daun indigofera, dedak halus, tepung tapioka, premiks, vitamin dan minyak sayur, semua bahan dicampur dan ditambahkan sedikit air sampai adonan kalis, sehingga pelet siap dicetak. Setelah dicetak pelet dijemur sampai kering kemudian dikemas kedalam plastik dan siap diberikan kepada ternak.

"Indigofera adalah alternatif pakan yang kaya akan protein yang setara dengan konsentrat sehingga dapat menghemat dalam biaya pakan" jelas Erra Kartika selaku guru mata pelajaran Agribisnis Pakan Ternak Unggas.

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?