Artikel

28/05/2021 PEMANFAATAN SABUT KELAPA MENJADI PRODUK YANG BERNILAI JUAL

Tanaman kelapa memiliki banyak manfaat. Seluruh bagian tanaman dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Antara lain adalah bagian sabut kelapa.  Sabut kelapa yang sudah kering dapat dimanfaatkan untuk berbagai kerajinan. Pada kesempatan ini Bank Sampah Seribu Bunga SMK-PP Negeri Sembawa akan memberikan contoh pemanfaatan sabut kelapa kering. Sabut kelapa kering dapat dimanfaatkan untuk pembuatan pot gantung, turus, garukan kucing dan sisa ampas dari sabut kelapa kering dijadikan cocopeat. 
Pot gantung yang terbuat dari sabut kelapa ini bersifat lembab dan mudah menyerap air, oleh karena itu pot gantung ini dapat digunakan untuk menanam jenis tanaman pakis seperti kadaka, tanduk rusa, suplir dan lain sebagainya. Selain untuk menananam jenis tanaman pakis juga dapat digunakan untuk menanam angrek, tentunya hal ini akan memberikan kesan yang alami dan elegan pada tanaman anggrek. Berikut ini saya bagikan cara pembuatan pot sabut kelapa:

Alat dan bahan:
Kawat ram
Gunting 
Meteran 
Sabut kelapa kering
Tali sabut kelapa yang sudah dikepang
Cara Membuat:
Potong kawat ram sesuai dengan kebutuhan
Lilitkan ujung kawat ram yang terbuka dan bentuk pot sesuai keinginan
Potong sedikit kawat ram untuk menutupi bagian bawah pot
Lakukan hal yang sama untuk pot bagian dalam
Masukan sedikit demi sedikit sabut kelapa kering diantara kawat ram bagian dalam dan luar. Padatkan dengan menggunakan gunting
Lakukan hingga sabut kelapa kering menutupi seluruh bagian pot. Sisahkan satu ruas kawat ram untuk menutupi bagian ujung pot.
Selamat mencoba !
    Selain pot gantung, Bank Sampah Seribu Bunga SMK-PP Negeri Sembawa juga membuat turus atau biasa disebut tiang penyangga tanaman yang terbuat dari sabut kelapa kering. Kegunaan turus sebagai tonggak atau tiang untuk merambatnya tanaman yang menjalar. Sehingga tanaman menjadi lebih rapi, simpel dan kokoh. Turus sangat cocok digunakan untuk tanaman merambat seperti anggrek. Turus yang dibuat di Bank Sampah Seribu Bunga SMK-PP Negeri Sembawa ada 2 ukuran turus panjang yaitu 100cm dan 50cm. Selain turus panjang, Bank Sampah juga memproduksi turus berbentuk bulat. 
    Bank Sampah Seribu Bunga SMK-PP Negeri Sembawa juga membuat garukan kucing yang terbuat dari tali sabut kelapa yang sudah dikepang.  Garukan kucing biasanya disediakan oleh pemilik kucing kepada kucing peliharaanya agar kucing tersebut dapat menggaruk di tempat yang telah disediakan. Sisa ampas dari sabut kelapa kering yang digunakan untuk pot gantung dan turus dikumpulkan. Sisa ampas dari sabut kelapa kering ini disebut cocopeat. Cocopeat merupakan media tanam yang memiliki daya serap air yang cukup tinggi dan dapat menyimpan air dalam jumlah yang lebih banyak daripada yang ditampung dalam tanah. Cocopeat mengandung unsur kalium yang berfungsi sebagai pupuk organik dan mulsa sabut kelapa.

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?