Artikel

30/06/2020 Penyerahan Perlengkapan Kostratani Oleh SMK PP Negeri Sembawa ke BPP Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin.

Memasuki masa new normal untuk Provinsi Sumatera Selatan, Tim komando strategis pembangunan pertanian (KOSTRATANI) SMK PP Negeri Sembawa kembali bergerak melakukan kegiatan pendampinhan ke Balai Penyuluhan Pertanian (BPP). Setelah sekian lama tidak melakukan aktivitas pendampingan, akhirnya tim kostratani mulai bergerak melakukan pendampingan kembali.

Berdasarkan instruksi Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (KA BPPSDMP)

Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr  untuk mulai membina satu BPP sebagai model atau contoh untuk BPP lain. "Walaupun dengan dana yang minim, kostratani harus tetap jalan, minimal ya satu BPP saja setidaknya BPP ini akan menjadi pusat gerakan pertanian di daerahnya" ujarnya.

Kepala SMK PP Negeri Sembawa, Ir. Mattobi'i, M.P, memilih BPP kecamatan Rambutan kabupaten Banyuasin sebagai satu BPP binaan dengan pertimbangan yang cukup matang. BPP Kecamatan Rambutan merupakan BPP yang memiliki wilayah 19 desa binaan dengan komoditi pertanian mayoritas Padi, didukung oleh 11 orang penyuluh PNS dan 1 orang penyuluh THL. Kecamatan Rambutan juga berperan membuat Kabupaten banyuasin menjadi lumbung pangan terbesar di Sumatera Selatan, selain Kecamatan Tanjung Lago dan Muara Telang.

Kedatangan tim kostratani SMK PP Negeri Sembawa ke BPP kecamatan Rambutan kali ini untuk membawa alat alat perlengkapan kostratani, sebagai bantuan agar dalam proses penginputan data menjadi lebih gampang dan sesuai dengan permintaan menteri pertanian. "Saat ini alat-alat merupakan barang pinjam namun nanti ketika tiba waktunya akan dihibahkan" ujar Arie Ansyah selaku pejabat pembuat komitmen SMK PP Negeri Sembawa.

"Kami sangat senang bisa di pilih menjadi BPP model dan dibina oleh SMK PP Negeri Sembawa. Sebelumnya kami dengan SMK PP itu sudah sering bekerja sama karena kegiatan desa mitra SMK PP dilakukan di salah satu desa wilayah binaan kami. Jadi kalo soal berkordinasi dan berkomunikasi sudah sangat sering sekali, semoga kami bisa menjawab tantangan dari Pak mattobi'i bisa lami jawab dengan hasil adanya kostratani" tutur kepala BPP kec. Rambutan, Sunarno, S.P., M.P.

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?