Artikel

24/01/2019 PKL Siswa SMK-PP Negeri Sembawa Disambut baik PT Ciomas Adisatwa

Kedua siswa Program Studi ATU (Agribisnis Ternak Unggas) Dian Ridho Permadi dan Bayu Febtriadi yang melaksanakan tugas parktek kerja lapangan (PKL) disambut baik oleh PT Ciomas Adisatwa. Rabu (23/1/2019).

PT Ciomas Adisatwa, merupakan perusahaan swasta di kota palembang yang berskala nasional bergerak pada bidang bisnis commercial farm & RPA dibawah naungan PT Japfa Comfeed indonesia Tbk.

Diharapkan dengan berkembangan bisnis perunggasan di Indonesia sehingga menjadikan PT Ciomas Adisatwa salah satu penyedia protein hewani yang berkompeten, serta turut berperan aktif dalam memajukan dunia pendidikan khususnya di SMK-PP Negeri Sembawa.

Jalinan kerjasama yang terbentuk antara SMK-PP Negeri Sembawa dengan PT Ciomas Adisatwa adalah berupa sumbangsih pendidikan dalam pelaksaan PKL (Praktik Kerja Lapangan) untuk siswa SMK-PP Negeri Sembawa di farm PT Ciomas Adisatwa.

Kedatangan Siswa PKL disambut baik oleh Pak Robi selaku Kepala Produksi dan Ibu Yuniarti selaku HRD PT Ciomas Adisatwa di kantor region Palembang, terlebih dahulu siswa mendapatkan arahan dan SOP (Stantar Operasional Prosedur) yang akan mereka patuhi saat berada dalam lingkungan farm.

Setelahnya siswa yang bertugas PKL diantar langsung menuju Farm Mitra Sejati yang berlokasi di Pangkalan Benteng Kabupaten Banyuasin.

Sesampai dilokasi farm rombongan disambut dengan sistem biosecuity kandang yang modern, dimana kendaraan dan semua objek yang masuk ke farm didisinfektan terlebih dahulu, dengan tujuan menjaga agar tidak tersebarnya virus dan bakteri dari luar farm masuk ke dalam kandang.
Siswa PKL diserahkan kepada Pak Ahmad selaku Kepala Farm Mitra Sejati.

Farm Mitra Sejati memiliki luasan 2,5 Ha dengan kapasitas produksi 200.000 ekor ayam broiler dan panen pada umur 30 hari, sistem manajemen perkandangan di farm Mitra Sejati menggunakan kandang close. Farm mitra sejati dilengkapi dengan fasilitas kantor, mess, dapur, smoking area dan lingkungan yang bersih sehingga nyaman untuk berada dalam suatu lingkungan kandang ayam broiler.

Rombongan SMK-PP Negeri Sembawa disuguhkan makan siang bersama dan berujung obrolan hangat untuk menjalin kerjasama baik dibidang industri dan pendidikan.

Guru SMK PP N Sembawa yang menitipkan kedua siswa untuk PKL yakni didampingi Titin Pransisca, M.Pd dan Erra Kartika, S.Pt, M.Si.
"Alhamdulillah, mereka (PT. Ciomas Adisatwa) sangat antusias menyambut kedatangan siswa yang bertugas PKL, semoga anak yang PKL dapa menimba ilmu disini," kata Titin Pransisca, M.Pd.

Kegiatan PKL di lingkungan dunia usaha dan industri akan mengajarkan siswa untuk mandiri dan berkompeten dibidangnya, Kegiatan PKL ini akan berlangsung sampai 3 bulan, selama kegiatan berlangsung siswa akan terus dipantau setiap bulannya dan akan diuji kompetensinya pada akhir masa kegiatan PKL.

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?