Artikel

25/03/2018 Praktik Kerja Lapangan (PKL) SMK PP Negeri Sembawa 2017

SMK Pertanian Pembangunan Negeri (SMK-PPN) Sembawa melaksanakan PKL dari tanggal 23 Januari-1 April 2017. PKL di SMK merupakan bagian dari program pembelajaran yang harus diikuti setiap peserta didik. Sehubungan dengan hal itu,   SMK-PPN Sembawa melaksanakan  kegiatan PKL yang diikuti oleh seluruh peserta didik kelas XI. Kegiatan PKL ini bertujuan untuk memperdalam pengetahuan dan ketrampilan peserta didik dalam bidang keahlian/kompetensinya, melatih peserta didik dalam melaksanakan analisa usaha dan melatih kemampuan bersosialisasi di masyarakat.

Pada proses penyelenggaraan PKL tahun ajaran 2016-2017, SMK-PPN Sembawa bekerja sama dengan 10 (sepuluh) Dunia Usaha/Industri sebagai tempat pelaksanaan kegiatan ini. Adapun Dunia Usaha/Industri yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain; Balai Penelitian Sembawa untuk peserta didik paket keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP), PTPN 7 Unit Musi Landas untuk peserta didik paket keahlian ATP, PTPN 7 Unit Pagaralam  untuk peserta didik paket keahlian ATP dan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP) ,PTPN 7 Bekri Lampung untuk peserta didik paket keahlian ATP, PTPN 7 Unit Betung untuk peserta didik paket keahlian ATP dan TPHP, PT. WPG Musi Banyuasin untuk peserta didik jurusan TPHP. Sedangkan untuk  peserta didik paket keahlian Agribisnis Ternak Unggas (ATU) dilaksanakan di BPTU-HPT Sembawa. Dunia Usaha untuk peserta didik paket keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) bekerja sama dengan BP3K yang ada di Desa Karang Jaya Kab. Rejang Lebong, Bengkulu  (BP3K CURUP) dan Desa Sumber Harta , Kab. Musi Rawas (BP3K MUSI RAWAS).

Pada akhir kegiatan ini peserta didik diharuskan membuat laporan hasil kegiatan selama PKL. Selanjutnya, peserta didik menjalani uji kompetensi oleh pembimbing eksternal yang ada di lokasi PKL masing-masing. Setelah kembali ke sekolah peserta didik menjalani ujian lisan oleh pembimbing internal yang ada di SMK-PPN Sembawa sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Tujuan dari ujian tersebut  adalah untuk mengetahui dan mengukur tingkat pemahaman dan ketrampilan peserta didik terhadap substansi kompetensi yang didapatkan selama PKL.

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?