Artikel

05/06/2018 Pramuka SMK PP Negeri Sembawa Lantik Bantara dan Laksana Saka Taruna Bumi

Gerakan pramuka indonesia adalah organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia.

Salah satunya di provinsi Sumatara Selatan khususnya SMK PP Negeri Sembawa yang tergabung di ambalan ambalan ternama dengan gugus depan 16.01 dan 16.02 kembali menunjukan eksistensinya dalam pembinaan dan kegiatan kepramukaan, dengan perkemahan sabtu-minggu.

Dalam rangka pelantikan pramuka tingkat bantara dan laksana.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 11-12 mei 2018 di Bumi Perkemahan SMK PP Negeri Sembawa.

Kegiatan ini sendiri merupakan prosesi pelantikan dan pengukuhan seorang pramuka yang telah menyelesaikan syarat – syarat kecakapan umum (SKU) pramuka penegak sehingga berhak menggunakn tanda kecakapan umum (TKU) penegak bantara dan laksana.

SKU itu sendiri mengandung 5 unsur pengembangan yaitu spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisik.

kegiatan tersebut diikuti seluruh anggota ambalan yang berjumlah kurang lebih 213 calon bantara dan 94 calon laksana.

Sebelum prosesi pelantikan dilakukan, calon bantara yang telah menyelesaikan sku nya terlebih dahulu melewati sidang dewan kehormatan pengek dan prosesi renungan jiwa.

Saat ditemui selepas penutupan kegiatan, kak endri yani sp. Selaku pembina gugus depan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal seorang yang tergabung digerakan pramuka, khususnya di pramuka penegak untuk memasuki dunia kepramukaan yang sesungguhnya.

Mudah mudahan para bantara dan laksana yang sudah di lantik dan di kukuhkan menjadi anggota pramuka yang lebih giat mengembangkan, minat, bakat dan pengetahuannya di bidang kepramukaan slah satunya melanjutkan proses pendidikannya dengan mencapai kecakapn lainnya, baik itu kecakan khusus (TKK) bahkan sampai mendapat penghargaan penghargaan.