Artikel

22/06/2020 PWMP Kelapa Sawit SMKPP Negeri Sembawa tetap aktif di tengah pandemi

Animo generasi muda untuk berwirausaha di bidang pertanian terus meningkat. Ini berkat Program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP) yang digagas Kementerian Pertanian (Kementan) sejak 2016. Dengan PWMP, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) memiliki target mencetak satu juta petani milenial di berbagai daerah se- Indonesia.

Mendukung SYL, Dedi Nursyamsi selaku Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) mengatakan, “penumbuhan wirausahawan muda pertanian menjadi salah satu upaya untuk menumbuhkembangkan minat generasi milenial akan dunia pertanian.”

SMK PP N sembawa salah satu sekolah pertanian yang terletak di Sumatera Selatan. sekolah ini memiliki potensi yang sangat besar untuk melaksanakan program tersebut walaupun ditengah kondisi covid seperti ini.

Guna mendukung program tersebut,  SMK PP N sembawa melaksanakan kegiatan PWMP bagi siswa  siswinya. salah satu program PWMP yang dilakukan oleh para siswa SMK PP N Sembawa yaitu budidaya tanaman kelapa sawit polybag Pre Nursery dan Main Nursery. Tanaman kelapa sawit merupakan tanaman perkebunan yang dapat menghasilkan minyak.

"Bidang pertanian terbukti menjadi salah satu bidang yang bertahan di tengah wabah Covid-19. Para petani seolah tak terpengaruh dengan wabah Covid-19. Setiap hari mereka terus bertani. Tak terkecuali para siswa penggerak PWMP kelapa sawit di SMK PP N sembawa. Kami tetap aktif mengurusi bibit-bibit sawit, dari penyiraman tanaman hingga penyiangan gulma yang ada di sekitar polybag," tutur Siti Nurfuadianti salah satu siswa PWMP SMK PP N Sembawa

 

Kepala SMK PP N Sembawa, Mattobi’i, MP menuturkan juga bahwa, PWMP merupakan kegiatan Kementan untuk mewujudkan regenerasi petani, yang dirancang untuk mengembangkan peluang bisnis bagi pemuda salah satunya para siswa SMK PP N Sembawa yang mampu menjadi job creator atau pencipta lapangan kerja di sektor pertanian khususnya subsektor agribisnis di masa yang akan datang.

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?