Artikel

04/07/2020 Si Kaktus Hias Mungil SMK PP Negeri Sembawa jadi Idola Baru Ibu-Ibu

Banyuasin, Sabtu (04/07/2020). Siapa yang tak kenal dengan tanaman cantik satu ini ?

Tanaman kaktus hias atau sering disebut kaktus mini adalah tanaman hias yang mampu hidup cukup lama pada lingkungan panas dengan tanah kering dan tidak memerlukan air yang begitu banyak. Biasanya diminati oleh kalangan pencinta koleksi tanaman hias. Hal ini dapat menciptakan sebuah peluang usaha bagi pengusaha tanaman hias.

Tanaman kaktus hias memiliki jenis yang beragam. Setiap jenisnya memiliki ciri khas dan keunikan masing masing. Diantara nya berjenis Lovibia Oganmaru, Cereus Tetragonus, Parodia, dan lain sebagainya.

Peluang ini langsung ditangkap oleh Pusat Pembibitan SMK PP Negeri Sembawa, pusat pembibitan SMK PP Negeri Sembawa tidak hanya menyediakan bibit buah dan bunga saja, tetapi kin menyediakan bibit tanaman hias bagi masyarakat sekitar Banyuasin khususnya.

Kepala SMK PP Negeri Sembawa Mattobi’i menambahkan peluang tanaman hias kaktus mini  dimanfaatkan oleh SMK PP Negeri Sembawa karena mudah perawatan dan diminati oleh masyarakat umum. Tentu saja ini menjadi sumber belajar berwirausaha bagi siswa kami dalam bidang tanaman hias, dengan jumlah ratusan kaktus mini yang dibudidayakan, peminat dari golongan ibu ibu cukup tinggi.

Petugas Instalasi Pembibitan SMK PPN Sembawa, Sahrial Efendi menjelaskan bahwa untuk tanaman kaktus media tanam yang digunakan yaitu pasir, pupuk kandang dan sekam. Cara perawatan tanaman kaktus hias ini sangat mudah yaitu melakukan penyiraman yang dilakukan seminggu dua kali. Kaktus yang sering disiram dapat mengakibatkan kaktus membusuk. Selain disiram kaktus juga memerlukan pemupukan yaitu pupuk NPK yang diaplikasikan satu bulan sekali dengan cara dilarutan.

Salah satu Pembeli Liana Dwi Yanti, mengaku membeli tanaman kaktus mini karena bentuknya unik dan mudah dalam perawatan, kaktus mini dapat menambah keindahan di tanam rumah, alasan mengapa membeli di SMK PP Sembawa karena harga nya yang relatif murah serta tersedia beberapa pilihan. Tentu saja penjual juga dengan ramah menjelaskan cara merawat tanaman mungil ini.

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?