Artikel

25/10/2019 Siswa Agribisnis Ternak Unggas Belajar Peluang Bisnis Tananam Jagung Pakan

Jumat (25/10/2019) Siswa program studi Agribisnis Ternak Unggas (ATU) belajar Budidaya Jagung Pakan di Lahan Percobaan SMK PP Negeri Sembawa.

Pakan merupakan komponen yang sangat penting dalam dunia usaha peternakan karena 70% modal dihabiskan untuk dibiaya pakan. Jagung merupakan bahan pakan yang kaya akan kandungan protein sehingga banyak digunakan oleh peternak sebagai pakan utama. Permintaan jagung terus meningkan seiring dengan produksi ayam broiler maupun ayam layer.

Peluang bisnis tanaman jagung pakan sangatlah cerah lagipula budidaya jagung pakan memiliki resiko kegagalan yang kecil dan usaha impor jagung sangat tinggi. Selama sepuluh tahun terakhir rata-rata impor jagung Indonesia itu mencapai 3 juta ton, sehingga kompetensi budidaya jagung pakan harus dimiliki oleh siswa program studi ATU SMK PP Negeri Sembawa.

Selain buah jagungnya, limbah batang jagung dan tongkol jagung dapat digunakan sebagai pokan ternak ruminansia dengan cara difermentasi terlebih dahulu, sehingga semua bagian tanaman jagung dapat dijadikan pakan tanpa meninggalkan limbah selain itu akan meningkatkan keutungan dalam budidaya ternak unggas maupun ruminansia.

Guru Produktif Agribisnis Ternak Unggas, Erra Kartika, S.Pt, M.Si menyatakan "siswa prodi ATU diajarkan bagaimana peluang usaha dibidang pakan ternak, sehingga setelah selesai sekolah mereka sudah mampu untuk memproduksi pakan ternak dan berwirausaha dibidang pakan ternak"

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?