Artikel

16/04/2019 SISWA PKL SMK PP NEGERI SEMBAWA SUKSES IKUTI UJI KOMPETENSI LAPANGAN DI 19 LOKASI

Sembawa (16/04/2019), Siswa SMK PP Negeri Sembawa yang sedang melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) kini sudah sampai pada puncaknya yaitu dilaksanakannya Uji Kompetensi Keahlian (UKK)  Praktik Kerja Lapangan.

Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah salah satu rangkaian kegiatan yang harus diikuti oleh siswa SMK kelas XI sebagai salah satu syarat kenaikan kelas. Tujuan pelaksanaan Ujian Kompetensi Keahlian diantaranya yang pertama adalah mengukur pencapaian kompetensi siswa SMK yang telah menyelesaikan proses pembelajaran sesuai kompetensi keahlian dan komoditi yang dipraktikkan selama PKL, kemudian dapat menfasilitasi siswa SMK yang akan menyelesaikan pendidikannya untuk mendapatkan sertifikat kompetensi. Selanjutnya, untuk mengoptimalkan pelaksanaan sertifikasi nasional, serta untuk memfasilitasi kerjasama SMK dengan dunia usaha/industri dalam rangka pelaksanaan Uji Kompetensi sesuai kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Kegiatan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini diikuti oleh seluruh siswa kelas XI. Uji Kompetensi Keahlian (UKK) dilaksanakan dimulai dari tanggal 2 April 2019 sampai 18 April 2019 yang sebagian lokasi langsung dilakukaan penjemputan. Uji Kompetensi Keahlian Praktik Kerja Lapangan dilaksanakan di tempat praktik siswa sesuai lokasi masing-masing.

Pada proses penyelenggaraan Ujian Kompetensi Keahlian PKL tahun ajaran 2018/2019 ini, dilaksanakan di 19 (lima belas) lokasi Dunia Usaha/Industri sebagai tempat peserta didik melaksanakan kegiatan ini. Adapun lokasi dalam proses kegiatan UKK ini antara lain; Balai Penelitian Sembawa yang diikuti peserta didik jurusan ATP (Agribisnis Tanaman Perkebunan) materi yang diujikan yaitu melakukan penanaman stum mata tidur di polibeg dan penyadapan sesuai Strandar Operasional Pekerjaan (SOP), PTPN VII Musi Landas diikuti peserta didik jurusan APHP (Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian).

 Kemudian PT Melania Indonesia diikuti peserta didik jurusan ATP (Agribisnis Tanaman Perkebunan) materi yang diujikan adalah melakukan pengetrelan menggunakan stimulant plotek. PTPN VII Unit Bekri Lampung diikuti peserta didik jurusan ATP (Agribisnis Tanaman Perkebunan) materi yang diujikan adalah melakukan pemupukan, melakukaan sortasi buah/nilai sortasi panen (NSP), melakukan bokor manual serta melakukan bokor chemis sedangkan untuk jurusan APHP (Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian) materi yang diujikan mengenai analisis asam lemak bebas (FFA) dan Sortasi buah sawit dengan ketentuan. Selanjutnya PTPN VII Betung Krawo diikuti peserta didik jurusan ATP (Agribisnis Tanaman Perkebunan) materi yang diujikan yaitu melakukan pemupukan secara kimia terhadap tanaman perkebunan dan melakukan pengendalian gulma secara kimia terhadap tanaman perkebunan.

Sedangkan PT. WPG diikuti peserta didik jurusan ATP (Agribisnis Tanaman Perkebunan) materi yang diujikan mengenai pemupukan secara kimia pada tanaman kelapa sawit, pemangkasan dan panen, pengendalian hama dan penyakit, serta sortasi buah/nilai sortasi panen (NSP) sedangkan APHP (Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian) melakukan analisis asam lemak bebas  (FFA) dan melakukan sortasi buah sawit. Selanjutnya PT Pinago diikuti peserta didik jurusan ATP (Agribisnis Tanaman Perkebunan) materi yang diujikan mengenai pemupukan.

Di lokasi lain seperti PT Sampoerna Agro diikuti peserta didik jurusan ATP (Agribisnis Tanaman Perkebunan) materi yang diujikan yaitu melakukan pemupukan dan Pemanenan Kelapa Sawit. PT Sinar Sosro diikuti peserta didik jurusan APHP (Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian) materi yang diujikan adalah kuis pilihan ganda dan tes cerita, Lab. Fakultas Pertanian UNSRI diikuti peserta didik jurusan APHP (Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian) materi yang diujikan yaitu pembuatan ikan asap, mengukur kadar air sampel, dan mengukur kadar abu sampel. Selanjutnya My Bakery yang diikuti peserta didik jurusan APHP (Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian) materi yang diberikan yaitu tentang pembuatan roti.

Kemudian masih di jurusan yang sama yaitu APHP (Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian) yang berlokasi di PT Sinar Alam Permai dan UKM SS Betung materi yang diberikan langsung oleh penguji masing-masing lokasi.

Adapun untuk Jurusan ATU (Agribisnis Ternak Unggas) melaksanakan kegiatan ini di 4 (empat) tempat yaitu:  PT Candi Farm,  PT Charoen Phokphand (SMS), BPTU-HPT Sembawa serta PT Ciomas Adi Satwa materi yang diujikan tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun yang lalu, materi disiapkan langsung oleh pihak DUDI masing-masing. Selain itu untuk Dunia Usaha diikuti peserta didik jurusan ATPH (Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura) yang bekerja sama BP3K yang ada didaerah Desa Karang Jaya Kab. Rejang Lebong, Bengkulu  (BP3K Curup) materi yang diujikan yaitu menyiapkan lahan untuk tanaman sayuran dan pemeliharaan pada tanaman sayuran. Sedangkan Desa Sumber Harta, Kab. Musi Rawas (BP3K Musi Rawas) materi yang diujikan mengenai pemeliharaan pada tanaman padi sawah.

Harapan kepala sekolah SMK PP Negeri Sembawa, setelah dilaksanakannya ujian dan penjemputan siswa bisa mengembangkan atau mempraktikkan hasil dari PKL-nya di sekolah dan di masyarakat.

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?