Artikel

08/07/2021 Siswa SMK PP Negeri Sembawa Ubah Serai Wangi Jadi Hampers

SEMBAWA - Salah satu harapan Kementerian Pertanian pada petani milenial, adalah hadirnya sejumlah inovasi. Hal ini juga yang dilakukan SMK PP Negeri Sembawa, sebagai salah satu UPT Pendidikan dibawah naungan Kementerian Pertanian (Kementan). Untuk meningkatkan hasil produk pertanian serta memberikan nilai tambah, pengolahan terus dilakukan. 

Melalui Laboratorium Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) siswa siswi  SMK PP Negeri Sembawa melakukam inovasi olahan minyak serai wangi yang dikemas dalam bentuk hampers agar tampil mewah, menarik dan kekinian.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo, terus meminta jajarannya agar sigap melakukan pendampingan dan terus berupaya menjaga ketersediaan dan stabilitas pasokan. Caranya, dengan mendorong petani untuk melakukan pengembangan komoditas maupun agribisnis tanaman pertanian. Termasuk perkebunan dengan terus meningkatkan produksi, produktivitas dan mutu hasil secara optimal dan berkesinambungan.

"Tingkatkan nilai tambah, daya saing dan keunggulan setiap komoditas pertanian, harus memperkuat sektor hulu dan mengembangkan sektor hilir sehingga ada nilai tambah," ujar Mentan Syahrul.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, mengharapkan penekanan pengolahan pangan ini dilakukan untuk meningkatkan nilai tambah (value added) melalui kreatifitas usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan kelompok tani. 

"Paradigma pertanian dulu yakni tanam-petik-jual, sekarang setelah dipetik harus diolah dahulu (pasca panen atau pengolahan panen) harus diproses terlebih dahulu untuk meningkatkan nilai jual," ujar Dedi.

Ketika berbicara mengenai hampers, pertama kali yang muncul dipikiran adalah bingkisan besar yang terisi dengan makanan ringan, minuman, hingga peralatan makan.

Kini hampers tak harus memberikan cemilan atau kue kering dengan desain yang itu-itu saja. Tetapi juga dapat dikreasikan dengan kemasan yang cantik dan menarik. Apabila kita ingin memberikan sesuatu dengan nuansa yang berbeda untuk keluarga atau kerabatmu lewat hampers tanpa kue, hal ini bisa menjadi salah satu opsi yang menarik dan bermanfaat terlebih di pandemi ini.

Kepala SMK PP Negeri Sembawa, Mattobi’i, melalui Pranata Laboratorium Desi Apriyani, mengatakan  hampers dari serai wangi ini dibuat untuk menarik daya beli akan produk serai wangi. 

Menurutnya, ada beragam minyak serai wangi yang bisa kita pilih dan rangkai menjadi sebuah hampers cantik dengan kualitas yang bagus serta harga ramah di kantong.

"Anda bisa menyajikan sesuai permintaan konsumen dengan satu hampers yang berisi satu botol minyak serai (7ml), 3 bh sabun serai wangi cukup dengan harga Rp. 15.000, ada yg 20.000 ( 2 bh minyak serai (7ml), 3 bh sabun serai wangi) tentunya murah harganya dapat manfaatnya," ujarnya.

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?