Artikel

11/05/2018 SMK PP Negeri Sembawa Banyuasin Ikut Serta dalam Program Pendidikan Vokasi Industri

Kegiatan peluncuran program pendidikan vokasi industri dalam rangka membangun link

and match antara SMK dengan industri untuk wilayah Sumatera Bagian Selatan, peresmian Pabrik Pusri 2B, serta Ground Breaking pembangunan pabrik NPK berkapasita 2,4 juta ton diadakan di Gedung serbaguna PT. Pusri Palembang, Jumat (11/05/2018).

Hadir dalam kegiatan itu Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, Menteri BUMN Rini Soemarno, Dirjen Industri Agro, Panggah Susanto, Ketua dan Anggota DPR RI Komisi VI, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, beserta bupati dan wali kota,

pejabat Eselon 1 dari kementerian terkait, para pemimpin perusahaan industri dan kepala SMK dari Daerah Sumatera Selatan, Jambi, Lampung dan Bangka Belitung serta para undangan lain.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan perlu adanya peningkatan sumber daya manusia (SDM) dalam menghadapi revolusi industri.

Untuk itu, diperlukan langkah strategis guna mengakselerasi penyediaan tenaga kerja yang terampil sesuai kebutuhan dunia industri melalui penyelenggaraan program pendidikan vokasi.

Dia menambahkan, peluncuran itu merupakan implementasi Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK.

Kementerian Perindustrian terus melakukan sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan. .

Salah satu tujuannya, yaitu penguatan pelaksanaan program pendidikan vokasi agar dapat dilakukan secara masif dan terstruktur.

“Pembangunan SDM industri harus terus dilakukan untuk mencapai kualitas tenaga kerja yang kompeten, tidak saja dari aspek keilmuan, tetapi lebih diutamakan penguasaan keterampilan dan attitude dalam bekerja,” tuturnya.

SMK PP Negeri Sembawa sebagai lembaga pendidikan vokasi pertanian ikut merasakan manfaat dari program Pendidikan Vokasi dari Kementerian Perindustrian,

dimana Link and match yang dirintis oleh Kementerian Perindustrian dapat mempermudah kegiatan kerjasama terutama dengan Dunia Usaha Dunia Industri.

Dalam Kesempatan ini SMK PP Negeri Sembawa melakukan penandatangan dengan PT. Sinar Sosro yang selama ini telah banyak membantu terhadap proses Pembelajaran Vokasi di SMK PP Negeri Sembawa.

Kedepan Ir. Mattobi'i MP menyatakan akan terus mengembangkan kegiatan Kerjasama dengan Dunia Usaha Dunia Industri baik dalam bidang pendidikan maupun recuitmen terhadap lulusan SMK PP Negeri Sembawa.

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?