Artikel

24/04/2021 SMK PP Negeri Sembawa dan DPR RI Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Penyuluh dan Petani

Kementerian Pertanian dalam hal ini Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian (SMK PP) Negeri Sembawa dan Komisi IV DPR RI Riezky Aprilia, gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas petani dan penyuluh pertanian yang diikuti oleh 42 petani dan 8 penyuluh pertanian Kecamatan Banyuasin II di Kantor Desa Teluk Payo, Kecamatan Banyuasin II, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan.

Hadir pada acara tersebut, Kepala Dinas Penyuluhan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banyuasin Zainuddin, Kabid Penyuluhan Rukiati S.P, Kepala Desa Teluk Payo Ambo Tuo, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Banyuasin Sukardi, Kepala SMK PP Negeri Sembawa Ir Mattobi’i, M.P, Kepala BPTP Sumatera Selatan, dan Dosen Universitas Sriwijaya Sumatera Selatan Dr. Ir. M Umar Harun.

Riezky Aprilia saat membuka Bimtek mengatakan, mendorong agar produktivitas padi tetap dijaga dan ditingkatkan, apa lagi potensi Kabupaten Banyuasin masih sangat besar untuk perluasan wilayah. Dirinya berharap Banyuasin bisa menjadi nomor satu penyuplai beras di Indonesia. “Jadi, ikutilah bimtek ini dengan baik, jangan ngantuk, ambil ilmunya karena ini di fasilitasi oleh negara”, tambahnya.

Sejalan dengan kebijakan Kementerian Pertanian, Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi melalui Kepala SMK PP Negeri Sembawa Ir. Mattobi’i, mengatakan optimismenya terhadap pertanian. Menurutnya, pertanian adalah bidang yang paling profit saat masa pandemi ini, dan masih jadi primadona dibandingkan dengan bidang-bidang usaha yang lain yang kini tumbuh 1,75 %.

Faktor utama untuk pengungkit produktivitas pertanian adalah SDM Pertanian, SDM Pertanian memberikan kontribusi terbesar produktivitas pertanian, selain benih, pupuk, sarana prasarana, alsintan. “Bimtek ini dilaksanakan guna meningkatkan kapasitas petani dan penyuluh pertanian, demi membuat pertanian semakin berkembang”, ujarnya.

Dedi Nusyamsi menambahkan, jika ingin pertanian berkembang, sebelum membangun sarana prasarana dan menyiapkan alat serta mesin pertanian, yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah meningkatkan kapasitas petani. SMK PP Negeri Sembawa

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?