Artikel

02/07/2019 SMK PP Negeri Sembawa kembangkan budidaya Azolla Pinnata untuk alternatif pakan itik.

Selasa (2/7/2019) Ujang Muhammad guru program studi ATU kembangkan budidaya Azolla Pinatta di instalasi kolam perikanan SMK PP Negeri Sembawa.

Tanaman Azolla berkembang secara vegetatif maupun generatif.  Secara generatif, azolla berkembang dengan spora yang biasanya muncul pada ketiak cabangnya, tepatnya pada umur 25 hari atau 35 hari setelah tanaman azolla berkecambah.  Tanaman azolla memperbanyak diri dengan cara fragmentasi, sehingga Azolla sangat mudah dikembangkan di kolam SMK PP Negeri Sembawa.

Azolla mempunyai potensi sebagai bahan pakan unggas karena mempunyai kandungan protein kasar yang relatif tinggi.  Bila dibandingkan dengan tanaman air lainnya, maka tanaman azolla mempunyai kandungan protein dan asam amino yang relatif tinggi.

Tanaman Azolla sebagai alternatif pakan ternak itik, terlebih dahulu Azolla di olah dengan cara dikeringkan dan dibuat tepung Azolla selanjutnya tepung Azolla di gunakan sebagai pakan dengan campuran bahan pakan lainnya seperti dedak padi, bungkil kedelai, konsentrat dan premiks. Tepung Azolla digunakan sebanyak 15% dari total ransum, sehingga mencukupi kebutuhan protein pakan itik dan menghasilkan produk telur yang baik.

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?