Artikel

13/03/2018 Ujian Kompetensi Keahlian SMK PP Negeri Sembawa Diikuti 192 Siswa Berjalan Sukses

Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian (SMK PP) Negeri Sembawa, Kabupaten Banyuasin melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bagi semua jurusan.

Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) adalah salah satu rangkaian kegiatan yang harus diikuti oleh siswa SMK kelas XII sebagai salah satu syarat kelulusan siswa.

Tujuan pelaksanaan Ujian Kompetensi Keahlian diantaranya yang pertama adalah mengukur pencapaian kompetensi siswa SMK yang telah menyelesaikan proses pembelajaran sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh, kemudian dapat menfasilitasi siswa SMK yang akan menyelesaikan pendidikannya untuk mendapatkan sertifikat kompetensi.

Selanjutnya, untuk mengoptimalkan pelaksanaan sertifikasi nasional, serta untuk memfasilitasi kerjasama SMK dengan dunia usaha/industri dalam rangka pelaksanaan Uji Kompetensi sesuai kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Kegiatan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) di tahun ini diikuti oleh seluruh kelas XII yang berjumlah 192 siswa.

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 13 Maret 2018 serta dilaksanakan di tempat praktik siswa sesuai jurusan masing-masing. Materi yang diujikan untuk jurusan Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP) yaitu tentang penanaman tanaman perkebunan berupa tanaman karet yang dinilai oleh tim penguji dari Balai Penelitian Sembawa yaitu Bapak Hariwadi, Bapak Kapil Sujadi, S.P., Bapak Suryanto, S.P, dan Bapak Achmadi.

Sedangkan untuk jurusan Agribisnis Tanaman Pangan Hortikultura (ATPH) yaitu mengenai penyiapan lahan dan pemupukan dasar untuk tanaman semangka, pemasangan mulsa dan pembuatan lubang tanaman serta penanaman bibit semangka dan penyiraman yang dinilai oleh tim penguji dari Balai Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatra Selatan yaitu Bapak Agus Nurwahyudi dan Bapak Osep.

Sedangkan untuk jurusan Agrinisnis Ternak Unggas (ATU) materi yang diujikan mengenai penyiapan peralatan dan bahan memelihara unggas pedaging, penanganan DOC yang baru datang, memberi pakan pada DOC, melaksanakan sexing, melaksanakan vaksinasi ND tetes dan suntik sub cutan pada 10 ekor DOC dan melakukan pemeliharaan ayam.

Tidak hanya itu materi lain mengidentifikasi dan menyebutkan nama organ pencernaan, respirasi, dan reproduksi ayam yang telah dibedah serta dinilai oleh tim penguji dari Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak yaitu Ibu drh. Suhesti dan Bapak Human, S.Pt. Sedangkan untuk jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Perkebunan (APHP) materi yang diujikan mengenai pembuatan susu kedelai, bakso ikan, jam/selai buah, dan roti manis yang dinilai oleh tim penguji dari PT Indofood dan PT Sosro yaitu Bapak Ahmad Kodri, S.P. dan Bapak Hendra Indrawan.

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?