15/12/2020 | Kepoin Manfaat Minyak Kelapa Produksi Lab APHP SMK PP Negeri Sembawa




Minyak kelapa merupakan minyak yang dihasilkan dari daging buah kelapa. Minyak ini memang sudah lama di kenal dan di pakai oleh masyarakat biasanya di pergunakan untuk kelembaban kulit agar tetap terjaga, Lab APHP SMK PP Negeri Sembawa mencoba produksi minyak kelapa kaya manfaat (15/12/2020)
Manfaat minyak kelapa ini tentunya sudah tidak diragukan lagi biasanya sering digunakan untuk perawatan rambut supaya lebih halus lembab dan berkilau. Sehingga dapat membuat rambut kita menjadi sehat dengan asupan protein yang diberikan kepada akar rambut dan kulit kepala. Penggunaannya minyak kelapa dalam perawatan rambut diantaranya bisa dipakai untuk masker rambut, menghilangkan kusut serta melembabkan kulit kepala.
Pengaplikasiannya sangat mudah, hanya oleskan minyak kelapa ke rambut sebelum keramas, diamkan satu sampai dua jam dan bilas sampai bersih.
Metode pembuatan minyak kelapa begitu sederhana yaitu daging buah di parut dan bentuk menjadi santan. Santan di peras lalu masak di atas api sedang hingga minyak kelapa dan ampas dari santan terpisah lalu disaring, kemudian kemas ke dalam botol dan di tutup rapat.” Ujar Desi 
Masyarakat kerap kali menggunakan minyak kelapa ini selain untuk perawatan rambut biasanya digunakan untuk melembabkan kulit, minyak kelapa dapat dijadikan pelembab yang ringan untuk kulit anda. Kamu bisa mengoleskan minyak kelapa secara rutin setelah mandi. Penggunaan  minyak kelapa dua kali sehari pada kulit kering, dapat membantu kelembapan kulit.
Dengan mengetahui beragam manfaat yang di milikinya, anda bisa membuat sendiri di rumah atau bisa membelinya di toko sehingga bisa tetap menjaga kesehatan rambut dan kulit walau di rumah saja. 

Kepala SMK PP Negeri Sembawa Ir. Mattobi'i, MP menjelaskan program studi Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) merupakan salah satu program studi di SMK PP Negeri Sembawa khusus untuk mengembangkan Industri pertanian hilir yang mengolah hasil pertanian menjadi bahan baku atau barang yang siap dikonsumsi atau merupakan industri pasca panen dan pengolahan hasil pertanian, tentunya dengan pengolahan nilai hasil pertanian akan menjadi tinggi.