21/05/2021 | Matangkan Persiapan, Kementan Gelar Bimtek Sertifikasi Mandor Pemeliharaan Kebun Kelapa Sawit




Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) SMK-PP Negeri Sembawa matangkan kesiapan siswa Prodi agribisnis tanaman perkebunan (ATP) jelang menghadapi Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) dan Uji Sertifikasi Profesi (USP) pada Jumat, (21/05/2021).

Pelaksanaan bimbingan teknis (bimtek) Prodi ATP dilaksanakan di dua tempat, yaitu di Aula dan di Lapangan dengan diikuti oleh 72 siswa dan alumni, dengan unit kompetensi yang akan diujikan adalah mandor pemeliharaan selama dua hari, yang dilangsungkan 25-26 Mei mendatang

Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan SMK-PP Negeri Sembawa mendatangkan narasumber yang ahli dalam bidang mandor dan tugas-tugasnya yaitu Bambang Mulyadi dari Pusat Penelitian Karet Balit Sembawa dan Heriawan berasal dari Dinas Pertanian dan Peternakan Musi Rawas.

Materi yang diberikan diantaranya tugas-tugas dari seorang mandor, hal-hal yang dilakukan pada proses budidaya tanaman kelapa sawit, proses penanaman dan pemeliharaan.

Guna merincikan lebih mendetail kompetensi yang harus dikuasai antara lain menentukan pekerjaan yang akan dilaksanakan, menetukan sumber daya yang dibutuhkan, menyiapkan alat/mesin yang diperlukan, melakukan perarahan pekerjaan penanaman atau pemeliharaan.

Selanjutnya, melakukan pembagian tugas kepada pekerja, mengawasi pekerjaaan sesuai arahan, menilai kesesuaian hasil kerja, menghimpun data hasil pelaksanaan pekerjaan, membuat laporan hasil kerja dan menerapkan keselamatan kerja da. Kesehatan serta lingkungan kerja.

Tim prodi ATP yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain Anita Andri Yanti, Yoniar Effendi, Sawro Edi Winarno, Habibi dan tim lapangan lainnya. Kepala SMK-PP Negeri Sembawa Mattobi'i menjelaskan dengan adanya dilaksanakan bimtek ini siswa akan lebih siap

"Dengan adanya bimbingan tekni ini diharapkan kita dapat lebih siap dalam menghadapi UKK dan USP,"ujar Kepala Sekolah.